Jangan Percaya Update Facebook!






Jangan Percaya Update Facebook!


 Jakarta - Pengguna Facebook kerap jadi sasaran bagi pelaku kejahatan di dunia maya. Salah satunya, Facebooker sebaiknya jangan percaya jika ada iming-iming update dari Facebook.

Hal itu disampaikan Alfons Tanudjaya, analis antivirus Vaksincom, seperti dikutip detikINET, Senin (16/11/2009). Menurut Alfons, virus yang menyerang Facebook sedang getol-getolnya merajalela di internet.

"Celakanya pembuat virus ini sangat cerdik dan berhasil melakukan rekayasa pesannya sehingga pesan palsunya tidak hanya muncul pada email penerima saja, tetapi juga muncul pada aplikasi Facebook for Blackberry," ujar Alfons.

Email program jahat tersebut mengiming-imingi pengguna Facebook akan hadirnya Facebook baru yang lebih baik. Berbagai fitur dan sistem login baru konon akan dimunculkan dalam Facebook baru tersebut.

Nah, untuk mendapatkannya pengguna diminta mengunjungi sebuah halaman web dan mengunduh sebuah program bernama updatetool.exe. Padahal program itu merupakan sebuah program jahat bernama Zbot yang akan membuat komputer korbannya menjadi pengirim spam.

Di halaman Facebook palsu tersebut pelaku kejahatan juga akan merekam email dan password yang dimasukkan. Alfons menyarankan pengguna yang nyaris tertipu untuk segera mengganti password Facebook mereka.

Satu hal yang menarik, ujar Alfons, sekilas situs Facebook palsu itu memang sangat mirip dengan aslinya. Apalagi alamat yang tertera di browser dimulai dengan facebook.com, meskipun kelanjutannya adalah nama situs lain. 

Adanya tulisan Facebook.com di alamat situs bisa jadi akan mengelabui pengguna. Untungnya browser terbaru, seperti Mozilla Firefox, segera menandai situs ini sebagai upaya penipuan.
( wsh / wsh ) 
 

Wicak Hidayat - detikinet