Resolusi Cetak Offset

Ketika kita bekerja dengan vektor (file-file yang dihasilkan oleh CorelDRAW, Ilustrator, Freehand, Sodipodi, CAD, dsb), untuk resolusi bukan masalah. Sebab software-software tersebut “tidak memiliki resolusi”. Sehingga, saat diperkecil menjadi ukuran berapapun, atau diperbesar seukuran lapangan sepak bola sekalipun, tidak menghasilkan dampak apapun. Nah, ini hebatnya vektor.

Permasalahannya, tidak semua desain yang melibatkan gambar bisa diselesaikan dengan vektor. “Tangan-tangan” bitmap (berbasis pixel) hampir wajib dicampurkan, agar muncul tampilan yang lebih segar dan hidup. Foto, misalnya. Jelas, foto adalah bitmap. Karena ada unsur bitmap, maka topik tentang resolusi juga wajib dikemukakan.


Jika kita membuat dokumen baru pada Photoshop, secara default adalah color mode, RGB resolusi adalah 72 pixel/inch. Bagi disain pemula mungkin belum begitu mengerti tentang color mode RGB resolusi tersebut karena dengan resolusi  72 pixel/inch akan berakibat image kurang maximal untuk cetak/offset dengan Lpi 150/175. Untuk standar cetak pada umumnya file Photoshop adalah resolusi 300 pixel/inch, bukan per cm untuk pemakaian file 100%.

Memang tampilan di monitor untuk file resolusi 72 dpi atau 300 dpi tidak begitu kelihatan, tapi untuk hasil cetak 150/175 lpi jauh berbeda. Sedangkan untuk color mode RGB dengan CMYK akan menghasilkan warna yang berbeda pada hasil cetaknya.

 

Yang dimaksud resolusi disini adalah jika hasil desain kita di simpan atau di export ke file yang ber-extensi .TIFF atau .PSD. Trus resolusi yang bagus untuk sebuah desain yang akan dicetak itu berapa resolusinya ?. Untuk standar percetakan, biasanya resolusi yang bagus itu 300 dpi.

Resolusi 300 dpi
Untuk pembuatan buku, kalender, kwitansi, brosur, kartu nama atau sejenisnya (yang ukurannya tidak terlalu besar)

Resolusi 50 dpi s/d 200 dpi
Resolusi dengan ukuran tersebut cukup untuk membuat banner, x-banner, backdrop, spanduk digital, roll banner, oneway visio, dan sejenisnya (yang ukurannya agak besar) Trus apakah resolusinya tidak terlalu kecil? gambarnya atau hasilnya pecah gak? kalau ditanya seperti itu, saya jawab "cukup".


Resolusi Untuk Banner, X-Banner, Baliho dll :
Ukuran sekitar 10 meter = 35dpi
Ukuran sekitar 5 meter = 100 dpi
Ukuran sekitar 2 meter = 150 dpi
Ukuran sekitar 1 meter = 200 dpi

Banyak yang berpendapat, kalau untuk percetakan, maka resolusinya minimal 300 Dpi tanpa terkecuali. Maka tidak heran, ketika spanduk, banner, baliho bikinan mereka resolusinya tetep 300 Dpi. Alhasil, ukuran filenya jadi supergemuk, dan pekerjaan mereka tidak kelar-kelar. Bayangkan kalau saja baliho ukuran 4×6 m, bisa berapa lama mereka bekerja?.