Wow...China Pecahkan Rekor Kereta Api Tercepat

Wow...China Pecahkan Rekor Kereta Api Tercepat

 

Kereta api penumpangChina memecahkan rekor kecepatan mencapai 486 kilometer per jam dalam tes yang dilakukan antara Beijing dan Shanghai. Demikian diberitakan kantor berita Xinhua, Jumat (3/12/2010).

Menurut keterangan resmi, ini merupakan kereta api tercepat yang dimiliki kereta api konvesional yang belum dimodifikasi. Kereta api tercepat yang sudah dimodifikasi adalah milik Perancis,French TGV, dalam tes pada tahun 2007 mencapai 574,8 kilometer per jam. Sementara, kereta api Jepang magnetik mencapai kecepatan hingga 581 kilometer per jam di tahun 2003.

Televisi pemerintah memperlihatkan tayangan kereta api berwarna putih yang melintas di wilayah perkebunan di sebelah timur China. Kereta api ini akan melayani jalur sepanjang 1.318 kilometer antara Kota Zaozhuang, Provinsi Shandong, dan Kota Bengbu di Provinsi Anhui. Jalur ini akan dibuka pada tahun 2012 mendatang.

Proyek ini menghabiskan dana sekitar 32,5 miliar dollar AS dan merupakan bagian upaya pemeirntah untuk menghubungkan semua kota di China. Saat ini, China sudah memiliki jalur kereta api cepat terpanjang di dunia dan akan melayani jarak 13.000 kilometer pada tahun 1012 dan 16 ribu kilometer di tahun 2020.

TRIBUNNEWS.COM