Cina Perkenalkan Tandingan Google Earth

Cina Perkenalkan Tandingan Google Earth
Google Earth
REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON--Perseteruan Cina dan Google menuai benih. Cina secara resmi memperkenalkan aplikasi peta satelit online yang secara khusus didesain untuk menandingi Google Earth. Aplikasi bernama 'Map World' dengan alamat di www.tianditu.cn ini dibuat oleh Biro Survei Negara Cina.

Dalam peluncurannya, Ahad (24/10), Map World menampilkan tembok raksasa Cina yang digambarkan secara nyata dengan latar awan dan cuaca di sekitarnya.

Meski dibuat untuk menandingi Google Earth, gambar beresolusi tinggi yang disediakan tidak meliputi wilayah Cina dan perbatasan Cina-Korea Utara. Sekalipun pengakses ingin mengetahui satu lokasi di Cina, gambar yang muncul hanyalah latar berwarna putih yang mencolok. Hal yang sama juga terjadi ketika pengakses ingin mengetahui wilayah Taiwan.

Banyak pemetaan di Cina masih tunduk pada pembatasan aturan kerahasiaan negara. Aturan ini memunculkan kesulitan bagi perusahaan pertambangan yang ingin mengetahui lokasi penambangan dengan data resolusi tinggi. Kesulitan ini juga dialami oleh warga Cina yang ingin mengetahui arah jalan menuju sejumlah lokasi di Cina. 

Google dan Cina telah berselisih sejak tahun lalu, ketika terjadi serangan hacker yang berasal dari Cina. Insiden itu segera memunculkan aturan baru  jasa peta online dan layanan lokasi. Bagi perusahaan yang ingin mengadakan jasa tersebut terlebih dahulu harus mengajukan permohonan izin.

Pascainsiden, Google mengatakan bersedia mempelajari aturan baru, yang memberikan Cina hak untuk menutup penyedia yang gagal memenuhi syarat untuk lisensi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Google, situs berbagi video YouTube, dan layanan foto Picasa dinyatakan terlarang oleh otoritas Cina.




REPUBLIKA.CO.ID