Cara Daftar Domain .tk (Domain Gratis)

(dot tk) .tk adalah top-level domain kode negara Internet untuk Tokelau, sebuah wilayah kepulauan di daerah lautan Pasifik bagian selatan, dekat New Zealand. Namun, domain ini disewakan secara gratis, kemungkinan untuk memperbanyak income. (http://id.wikipedia.org/wiki/.tk )

Cara Registrasi domain gratis .Tk
1.) Silahkan masuk ke dot.tk maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Dan silahkan ketikan domain yang anda inginkan. lalu klik "GO"



2.) Untuk Sementara silahkan pilih yang "Forward this domain to" (nanti bisa di ubah lagi kok)


3.) Silahakn Daftar, bisa lewat FB dan lainya. tapi saya coba mengunakan E-mail. Klik "NEXT"
4.) Lengkapi Form Pendaftaran. Lalu klik "Create Account"
5.) Cek E-mail Anda, Jika tidak ada, cek pada spam email. dan klik link konfirmasinya.

6.) Setelah Muncul Seperti Gambar di Bawah ini, Silahkan masukan kode konfirmasi yang telah di kirimkan oleh pihak dot.tk . Dan klik "Confirm"

dan domain kamu sudah terregistrasi
Bila kode konfirmasi yang kita masukkan benar, maka domain baru di dot Tk yang kita registrasi ini langsung di aktifkan. Silahkan log ini dengan alamat email dan password kita untuk melakukan setting/merubah server name.

Setting (DNS) domain .tk ke Blogspot
Kalau kita sebelumnya telah memiliki blog di blogspot, dan mau memakai domain dari dot tk. Tinggal setting dan arahkan name servernya ke blogspot (ghs.google.com). Caranya, pada panel sebelah kiri, silahkan pilih “My Domains” >> “List my domains”. Pada halaman “List my domains”, pilih domain yang mau di setting, kemudian klik “modify”.

Langkah selanjutnya, kita akan dihadapkan dengan halaman setting domain, dimana terdapat tiga pilihan pengaturan yaitu :
Domain forwarding
Use Dot TK Free DNS Service
Use Custom DNS Service

Silahkan pilih opsi no 2 “Use Dot TK Free DNS Service” kemudian klik “Configure” disebelah kanannya. Pada kolom “Type” terdapat 3 pilihan Record, yaitu : A, CNAME dan MX. Pilih :
Type = CNAME
Host Name = www.domainkita.tk ( contoh saya isi dengan www.elvaku.tk)
IP Address = ghs.google.com

Sampai di sini sebenarnya setting domain dot tk untuk blogspot sebenarnya sudah cukup. Tetapi, blog kita nanti tidak dapat diakses tanpa mengetikkan WWW di address bar browser (contoh http://elvaku.tk). Supaya blog kita tetapdapat diakses dengan atau tanpa WWW, kita tambahkan lagi Type record, Tetapi kali ini bukan CNAME Record, melainkan A Record. Lihat gambar diatas, klik “add another hostname”. Isi dengan :
Type = A
Host Name = domainkita.tk ( tanpa WWW, contoh saya isi dengan elvaku.tk )
IP Address = 216.239.32.21

Tambahkan lagi “add another hostname” A Record dengan IP yang berbeda sebanyak 3 kali lagi. Masing-masing pada kolom IP, Isi dengan :
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Sehingga ada 4 setting Untuk A Record dan satu setting untuk CNAME Record, Klik next aja, bila Setting Record sukses

Sampai di sini, setting DNS untuk domain dot tk yang diarahkan ke blogspot telah selesai, tinggal menunggu prosesnya kurang lebih 30 menit (bisa lebih)


Setting Domain Name Server ( DNS ) .Tk ke hosting berbayar.
Tak serumit setting DNS dot tk ke blogspot, setting DNS dot Tk ke hosting berbayar sangatlah mudah. Hanya satu langkah. Yaitu, mengarahkan name server ke server hosting tempat kita menyewa. Tanyakan name server kepada support center di tempat kita hosting. Atau cari tahu sendiri dengan menggunakan tool di http://network-tools.com/. Bila sudah tahu name server nya, pilih opsi “Use Custom DNS Services” . di sini untuk contoh nama domain damas717.tk. akan saya arahkan ke server 000webhost.com yaitu dengan mengisi kolom “Name Server” dengan ns1. 000webhost.com  dan ns2.000webhost.com . Kemudian klik next untuk melanjutkan dan menyimpan settingan.

Sampai disini, setting DNS untuk domain dot Tk ke hosting berbayar, selesai. Tinggal menunggu prosesnya kurang lebih 30 menit. Untuk mempercepat proses, silahkan log out, dan clear semua history / cache pada browser. Bila perlu restart PC/laptop kita. Lakukan Ping Domain dengan tool di http://network-tools.com/.

semoga bermaanfaat.