Cara Instal Wordpress di Hosting 000webhost bagian 1

Cara Instal Wordpress di Hosting 000webhost itu  memang hal yg mudah,  apalagi sekarang banyak domain dan host gratisan, kenapa kita tdk coba sekalian?

Dan selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mengup-load file WordPress (yg bisa kamu download di sini) ke dalam web server 000webhost.

Baiklah anda sudah punya website gratis yang masih kosong yang siap diisi oleh program WordPress dari WordPress.org. Langkah-langkah cara install WordPress di hosting 000webhost adalah sebagai berikut:

Buka browser Firefox dan masuklah ke url 000webhost.com. Masuk ke Member Area/Login. Masukkan alamat Gmail, password dan kode verifikasi.Klik Submit. Jika belum terdaftar silahkan mendaftar terlebih dahulu baru kemudian ikuti langkah berikut ini.
Setelah anda login maka akan Tampil halaman List of your domain. Klik Go to CPanel pada kolom Action.



Setelah anda klik Cpanel maka akan tampil halaman CPanel dari web server. Klik File Manager pada kolom File.



Kemudian anda masuk ke halaman seperti dibawah ini. Isikan username dan password pendaftaran ke 000webhost.com. Klik Continue.
 
Setelah anda login maka akan muncul tampilan halaman seperti di bawah ini. Pilih folder public.html dan
kliklah untuk masuk ke dalam folder public.html.



Di dalam folder public.html ini terdapat file dengan nama default.php. Anda harus menghapus file ini dengan cara memberikan tanda centang pada checkbox, lalu klik Delete.

Setelah anda centang dan klik delete maka akan muncul tampilan halaman pesan Delete directories and files. Klik tanda centang hijau untuk mengkonfirmasi file tersebut benar-benar hendak dihapus.

Maka file default.php sudah terhapus.Klik tombol Back. Sekarang folder public.html sudah kosong.

Nah sekarang adalah saat yang paling kita tunggu yaitu saatnya meng-upload/mengisi file baru ke dalam folder public.html. Klik menu Upload. (Perhatikan juga sekarang isi folder public.html anda sudah kosong). Dan ingan file yang kita upload nantinya ada di folder public html, jangan sampai folder ini terhapus.

Anda masuk pada halaman Upload file. Karena file wordpress yang anda download dari www.wordpress.org merupakan file terkompresi yaitu wordpress-3.1.1.zip , maka anda harus meng-ekstrak dulu file ini pakai program winzip atau 7-zip. Untuk mendapatkan software winzip, silahkan download disini. Jangan sampai salah melakukan hal ini.
Hasil ekstrak menggunakan winzip akan menghasilkan folder wordpress. Di dalam folder wordpress ini berisi folder wp-admin, wp-content, wp-includes dan beberapa file seperti file index.php, wp-config-sample-php, license.txt, readme.html dan lain-lain.
Kemudian klik kanan folder wp-admin, lalu pilih Add to archive.
Tampilan layar anda menjadi seperti dibawah ini. Centang pilihan zip lalu klik OK.


Maka folder wp-admin menjadi folder zip bernama wp-admin.zip. Folder zip ini disimpan ditempat yang sama dengan folder wp-admin.
Lakukan hal yang sama untuk folder wp-content dan wp-includes.
Nah untuk file yang yang lainnya, seperti file index.php, wp-config-sample.php.license.text dan lain-lain. Anda harus menyorot/memilih semua file tersebut. Lalu klik kanan dan pilih Add to archive. (Note: Hati-hati jangan sampai folder yang telah anda kompressi (wp-admin.zip, wp-content.zip dan wp-includes.zip) sebelumnya ikut terpilih) . Jangan sampai salah melakukan hal ini karena nanti kegagalan upload bisa terjadi.


Tampilan layar anda menjadi seperti dibawah ini. Perhatikan archive name otomatis menjadi wordpress.rar. Centang pilihan zip, sehingga archive name menjadi wordpress.zip. Lalu klik Ok.


Bila mana hasil membuat ZIPnya berhasil maka hasilnya akan seperti dibawah ini di folder anda.

Kembali ke butir 9 diatas, Pilih Upload. Karena semua folder wordpressnya sudah anda compress, Maka klik Browse yang di sebelah kanan.

Anda menuju kotak dialog File Upload. Cari folder wp-admin.zip di komputer anda. Lalu klik Open. Maka kotak sebelah kanan Browse akan terisi alamat folder wp-admin.zip.
Klik Add another untuk menambahkan folder wp-content.zip. Tambahkah juga folder wp-includes.zip dan wordpress.zip satu persatu.
Lalu klik tombol centang hijau untuk memulai upload file. Bilamana upload file berhasil maka akan keluar tampilan berikut. Lalu klik tombol hijau untuk melanjutkan proses.

Setelah menunggu file kita terupload dan file kita berhasil kita upload maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Setelah itu klik tombol BACK.

Bila berhasil upload, maka tampilan layar anda harus sama persis seperti dibawah ini. Perhatikan susunan filenya sama persis dengan susunan file hasil ekstrak sewaktu anda mengekstrak dari folder wordpress3.1.1.zip hasil download dari internet. Bila tidak maka anda salah upload file. Ulangi lagi peng-upload-an file. Hati-haatilah agar tidak salah upload.


Demikianllah Cara Instal Wordpress di Hosting 000webhost bagian 1. Sekarang lanjutkan ke tutorial Cara Instal Wordpress di Hosting 000webhost bagian 2 yaitu Mengatur File Permission wp-config.php.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan semoga ada manfaatnya buat teman sumua.