Pengertian Domain dan Hosting



studioaji | Domain diibaratkan sebagai alamat lokasi lahan kosong atau kavlingan tersebut. Di atas lahan itu nantinya dapat dibangun sebuah bangunan (website) baik berupa rumah (website personal), toko (toko online), ataupun gedung bertingkat (website organisasi atau perusahaan).

Domain
Domain merupakan sebuah nama yang unik yang berfungsi untuk mengidentifikasi alamat IP. Dengan menggunakan Domain seseorang tidak perlu menghapal serangkaian IP Address sehingga memudahkan dalam menghapal maupun pengucapan.Domain disewakan secara bebas dengan status sewa umumnya selama satu tahun. Umumnya nama domain memiliki fungsinya masing masing sesuai dengan keperluannya sebagai contoh domain .com adalah domain untuk komersil.

Berikut adalah nama nama domain beserta fungsinya :
gov – Digunakan Untuk Untuk Pemerintahan
edu – Digunakan Untuk Institusi pendidikan
org – Digunakan Untuk Organisasi / Kegiatan Nonprofit
mil – Digunakan Untuk Militer
com – Digunakan Untuk Organisasi Profit / Komersial
net – Digunakan Untuk Organisasi Network
name – Digunakan untuk personal / keluarga
tv – Digunakan Untuk Pertelevisian
info – Digunakan Untuk kepentingan Informasi
biz – Digunakan Untuk Kepentingan Bisnis
travel – Digunakan Untuk Pariwisata

Hosting
Hosting merupakan sebuah space atau ruang yang digunakan untuk menyimpan file-file yang ada hubungannya dengan website kita, seperti file HTML, file PHP, file musik, file video, ataupun gambar. Hosting dapat juga diibaratkan sebagai Flash disk atau Hard disk, dimana alat tersebut berfungsi sebagai media penyimpan semua file dan data yang ada di komputer kita. 
Untuk menghubungkan domain dan hosting agar dapat bekerja optimal, kita harus mengsinkronkan nameserver yang ada pada hosting ke domain manager. Nah, contoh nameserver ns2.000webhost.com

semoga bermanfaat.